Peranan Ilmu Pengetahuan Dalam Kehidupan


Kehidupan itu merupakan suatu proses, yang akan terus berubah dari waktu ke waktu. Mulai dari kenampakan yang ada di atas permukaan bumi, mau pun kejadian dan sejarah yang terjadi. Semua hal  yang ada di bumi ini, adalah suatu hal yang dinamis dan akan terus berubah. Perubahan itu di sebabkan oleh banyak faktor. Ada pun faktor-faktor itu dapat berupa dari kejadian-kejadian alam yang mempengaruhi morfologi dan bentuk muka bumi kita, jumlah manusia dan makhluk hidup lainnya yang terus bertambah dari waktu ke waktu, dan faktor itu juga dapat berupa tingkah laku dan sifat dasar manusia itu sendiri. Di antara sifat dasar manusia itu adalah sifat untuk selalu mencoba, mencoba sesuatu hal yang baru untuk mengetahui jawaban suatu permasalahan yang dalam pikiran mereka.

Manusia diberikan akal, pikiran, hati nurani, serta hawa nafsu oleh Allah SWT untuk meninggikan status manusia di antara makhluk ciptaan Allah yang lainnya. Sifat-sifat itulah yang menjadikan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna. Sifat ingin tahu, merupakan salah satu kelebihan manusia dari makhluk ciptaan Allah yang lain yang bersumber dari akal pikiran. Sifat ingin tahu inilah yang menjadikan manusia terus berpikir untuk suatu perubahan yang lebih baik terhadap kehidupannya, untuk kemajuan zaman, demi menjadikan kehidupan mereka lebih mudah dalam kesehariannya, menjadi lebih sejahtera dari generasi yang sebelumnya, dan hal itulah yang terjadi hingga saat ini.

Dimulai dari zaman purba, yang mana pada saat itu manusia masih dalam keadaan terbelakang, masih sangat primitif, semua hal dan kegiatan masih sangat tergantung dengan alam, hidup nomaden, peralatan serba sederhana, pakaian yang apa adanya, serta pemikiran yang masih jauh terbelakang jika dibandingkan dengan pemikiran manusia saat ini. Namun, dengan akal dan pikirannya, manusia terus mencoba untuk mencari inovasi baru hingga akhirnya sedikit demi sedikit kehidupan manusia semakin lebih baik dan kian jauh dari keterbelakangan. Mulai dari zaman primitif yang serba tertinggal dan serba apa adanya hingga zaman modern saat ini yang serba canggih, serba modern, dan serba ada. Dari sifat ingin tahu manusia itulah terbentuk dan tercipta yang namanya perubahan zaman, dan dari sifat ingin tahu itu pula lah awal mula yang menyebabkan terjadinya penemuan-penemuan mutakhir di bidang teknologi .

Semua kemajuan yang ada saat ini merupakan buah kerja dari generasi terdahulu yang telah berkorban pikiran dan tenaga demi generasi sekarang, demi terciptannya suatu kemudahan dan kesejahteraan dalam melaksanakan berbagai kegiatan di dalam kehidupan. Berkat kemajuan ilmu pengetahuan saat ini yang secara nyata dapat kita lihat dari ada dan terciptanya teknologi mutakhir di bidang transportasi dan komunikasi. Zaman dahulu, untuk berkomunikasi dan mengetahui kabar sanak saudara yang berada di luar kota, yang terpisah oleh jarak, masih menggunakan surat dan membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui kabar dan informasi tersebut. Dahulu, media untuk mengantar surat adalah manusia itu sendiri. Tapi berkat kemjuan teknologi saat ini, jarak dan waktu bukanlah menjadi suatu hambatan untuk mendapatkan informasi sanak saudara di luar kota, bahkan yang berada di lokasi yang beda negara sekalipun. Begitupun dengan umat muslim yang ingin naik haji. Masayarakat Indonesia yang melakukan kegiatan haji membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk sampai ke Tanah Suci. Namun, sekarang berkat kemajuan teknologi di bidang transportasi, ibadha haji pun tidak memakan waktu hingga berbulan-bulan lagi untuk sampai ke tanah suci.

Pada zaman sekarang ini, tidak ada lagi halangan dan batasan jarak manusia untuk berinteraksi dengan manusia lainnya. Dengan kemajuan teknologi yang kita nikmati sekarang ini, baik dalam bidang komunikasi seperti hand phone seluler, komputer, laptop, I-pad, MP-4, dan Internet menjadikan manusia dapat berkomunikasi dengan manusia lainnya hanya dalam hitungan detik, lebih efektif dan efisien. Begitupun dengan kemjuan teknologi di bidang transportasi, seperti mobil, motor, kereta api, hingga pesawat terbang, yang kesemuanya memudahkan kita untuk berpindah tempat dan lokasi dari wilayah yang satu ke wilayah yang lain di bumi ini yang kita ingin kan. Jalur  darat, laut, dan udara, semuanya bisa dijelajahi oleh manusia. Teknologi merupakan hasil nyata dari perkembangan ilmu pengetahuan. Namun, untuk menikmati semua fasilitas kemajuan teknologi yang ada pada saat sekarang ini tetap dibutuhkan fee atau kontribusi dana dari konsumennya. Semua kemjuan teknologi yang disediakan, membutuhkan uang dan materi untuk dapat menikmatinya. Hal itu sudah menjadi suatu kepastian, karena manusia pun tetap mempunyai sifat ekonomi dan keinginan untuk menjadi lebih sejahtera secara materi dari manusia lainnya, dan semua itu merupakan dinamika kehidupan yang otomatis terjadi seiring dengan kemajuan zaman dan peradaban manusia.

Maka dari itu, kita sebagai manusia yang terlahir di masa yang telah modern saat ini, wajib bersyukur dan berterima kasih kepada mereka, para pemikir, penemu- penemu, dan kaum cerdik pandai terdahulu. Bersyukur tidak hanya melalui ucapan, tetapi juga melalui perbuatan dengan cara terus belajar dan berusaha untuk mengembangkan penemuan yang telah ada pada saat ini, serta menjaga semua ilmu dan teknologi yang ada dengan cara tidak menggunakan ilmu dan teknologi yang ada untuk sesuatu hal yang tidak bermanfaat, apa lagi hal-hal yang bersifat merugikan orang lain, atau bahkan peperangan. Semua kemajuan teknologi yang ada pada saat ini, haruslah kita sikapi dengan bijak. Kemajuan teknologi menawarkan berbagai kemudahan untuk manusia dalam melakukan berbagai macam kegiatan. Kemudahan itu jangan lah menjadikan kita lalai, apa lagi menjadikan kita sebagai manusia malas. Semua kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi harus bisa kita pilah-pilah, jangan kita telan secara bulat-bulat. Kemudahan yang ada jika kita terima mentah-mentah tanpa kita saring terlebih dahulu dapat menjerumuskan kita kepada kebobrokan moral dan pemikiran. Kemajuan teknologi yang ada haruslah di barengi dengan iman dan agama sebagai rambu-rambu dan batasan dalam berbuat. Maka dari  itu sekali lagi, kita sebagai manusia yang telah terlahir di masa modern harus lah bisa memanfaatkan kemajuan teknologi itu dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan pribadi, dan orang banyak, jangan sampai kemajuan teknologi itu malah dimanfaatkan untuk berbuat kejahatan dan melanggar norma dan aturan yang berlaku di dalam kehidupan masyarakat.

Semoga kita semua, dapat menjadi manusia yang lebih berguna dengan memanfaatkan semua kemudahan yang telah disediakan oleh kemajuan teknologi, serta mampu memilah semua kemudahan yang ada untuk kepentingan bersama dan kemajuan zaman untuk generasi di hari depan, dan yang terpenting terus menjadi manusia yang selalu berusaha mengembangkan, menghargai, dan mencintai ilmu pengetahuan.

Oleh: Muhammad Ichsan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s