Jadi anak tambang, harus kuat, jangan cengeng!


“Pesan untuk adik-adik ku, tambang Unsri”

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh. Salam Tambang !

            Fakultas teknik merupakan fakultas yang dikenal dengan tradisi dan nuansa yang berbeda dari fakultas lain, bukan hanya di Universitas Sriwijaya saja, tetapi di seluruh universitas yang memiliki fakultas Teknik di seluruh penjuru Indonesia. Nuansa keteknikan dengan didikan solidaritas dan cinta almamater menjadi ciri khas tersendiri dari fakultas teknik. Tegas, lugas, dan to the point merupakan salah satu ciri anak teknik. Hal ini tentunya sah-sah saja, karena mahasiswa fakultas teknik merupakan mahasiswa yang disiapkan dengan mental lapangan, memiliki daya juang tinggi, pantang menyerah, memiliki team work yang baik, dan “tidak cengeng”. Hal ini dibentuk dan ditanamkan bukan tanpa alasan, karena mahasiswa teknik haruslah siap dan kuat menghadapi kondisi dunia kerja dengan tingkat “pressure” yang lebih tinggi dengan permasalahan yang lebih pelik dari pada di bangku kuliah, dan semua itu tentunya haruslah dihadapi dan diselesaikan, dengan sebaik-baiknya penyelesaian. Ini bukan sesuatu yang mengada-ada, tetapi itulah keadaanya.

            Dan kita, kalian adalah mahasiswa teknik pertambangan unsri. Kalian yang telah beberapa waktu tergabung menjadi Mahasiswa Teknik Pertambangan Unsri” tentunya telah melihat beberapa tradisi dan pola didik yang ada di jurusan Teknik Pertambangan ini, yang diberikan oleh kakak-kakak kalian. Dan itu bukan hanya tradisi yang tanpa tujuan dan alasan, karena kami dan kakak-kakak sebelum kami pun telah terlebih dahulu merasakan dampak positif dari semua itu. Ini Jurusan Teknik Pertambangan, jangan pernahsamakan jurusan ini dengan jurusan manapun, karena setiap jurusan mempunyai pola asuh, pola didik, dan tradisi masing-masing. Di mana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Ini jurusan tambang unsri, tempat dibentuknya kader-kader penerus yang teruji dalam mental, terasah dalam pikiran, tempat ditempanya mahasiswa dengan semangat juang tinggi.Ini Tambang Unsri, tempat dibentuknya jiwa-jiwa solidaritas , peduli sesama, dan cinta pada almamaternya. Dan kami bukan mahasiswa bodoh yang hanya menghabiskan waktu tenaga dan pikiran untuk membina adik-adik kami dengan kegiatan dan tindakan tanpa tujuan, apa yang kami lakukan dan apa yang kami inginkan semata-mata adalah tambang unsri yang kuat, solid, dan massive, yang menyayangi sesamanya, melindungi kerabatnya, menghargai saudaranya, menghormati kakak-kakaknya, dan menghargai serta memegang teguh hormat kepada para dosen, pengajarnya, dan orang yang lebih tua dari mereka.

            Kalian semua tambang unsri angkatan 2014 adalah generasi penerus dalam membesarkan Jurusan Teknik Pertambangan ini. Prestasi yang besar, perlu dibina dan dipersiapkan dengan persiapan yang besar pula, TIDAK CUKUP dengan teori-teori di dalam kelas dan bangku kuliah. Semua itu perlu dibentuk dengan jiwa kerjama, kepekaan terhadap lingkungan dan tanggap terhadap semua permasalahan yang ada, bukan mahasiswa yang lari dari masalah, bukan mahasiswa yang menumpuk masalah, apalagi mahasiswa yang membuat masalah.  Sejatinya kalian adalah harapan kami adik-adik yang mampu dan mau dibina, ditempa untuk menjadi kader-kader baik dan terbaik kedepannya nanti. Kami bukan pula mahasiswa yang bertindak tanpa rencana.Jika memang di antara kalian ada yang keberatan dengan system dan aturan yang ada saat ini, kalian keberatan dikumpulkan? Keberatan jika kami berikan arahan dan didikan? Untuk kalian yang cengeng, yang hanya bias mengadu, dan tidak mau dididik dan dibina oleh kami, jangan sampai hanya karena satu dua orang yang tak sanggup dibina dan dikader, menjadi hambatan dan gangguan untuk mahasiswa tambang yang lain yang mau dan siap kami bina. Silahkan sampaikan keberatan kalian secara tertulis kepada Permata FT Unsri, bukti keberatan kalian dengan system dan aturan yang ada, dan kami dengan senang hati tidak melibatkan kalian dalam kegiatan, pembinaan, dan pengkaderan. Kami tahu masih ada dan banyak mahasiswa tambang 2014 yang siap untuk dibina. Kami bukan mengajarkan kalian menjadi brutal, apalagi menjadikan ini ajang balas dendam. Tidak sama sekali. Saya siap menindak tegas dan siap ditindak jika memang ada mahasiswa tambang yang melakukan kontak fisik, bertindak lebih dari batasan.

Sekali lagi saya sampaikan, untuk kalian yang keberatan dengan aturan dan system didikan di Jurusan Teknik Pertambangan ini, silahkan sampaikan surat keberatan kalian kepada Permata FTUnsri, itu lebih saya hormati dan saya hargai dari pada mahasiswa cengeng yang disentuh pun lagi tidak, dibentak sedikit, mengadu ke orang tua, menelpon kejurusan, kedekanat,  hingga kepihak rektorat. Jika kalian berkata push up, sit up dsb itu adalah tindak kekerasan, sepertinya anda salah masuk jurusan. Tidak peduli siapa kalian, darimana asal kalian, dan anak siapa pun kalian, yang kami tahu kalian mahasiswa tambang 2014, dan kalian semua sama. Sepertinya saat ini tidak bisa diperlakukan sama. Sekarang, jika memang kalian keberatan dan tidak ingin diberikan pembinaan dan pengkaderan, kirimkan nama-namanya melalui ketua angkatan kalian, atau sampaikan secara langsung, sampaikan secara tertulis alasan kalian kepada Permata FT unsri, dan kami akan tindaklanjuti dan kabulkan permintaan kalian. Semua bisa dibicarakan secara baik, bukan disikapi dengan mental cengeng, mengadu kesana kemari, ujung-ujungnya merusak nama almamater sendiri, dan menjadi fitnah.  Sampaikan semua keluhan dan keberatan kalian dan kita carikan solusinya. Kami tidak akan memberikan hukuman apa pun kepada kalian, dan jangan salahkan jika lingkungan yang memberikan hukuman. Ini tambang, Permata FT Unsri dan jurusan ini butuh mahasiswa kuat dan tegar, yang mampu bekerjasama dan siap maju pertama saat jiwa, diri, dan almaternya ‘diinjak’ dan diremehkan. Dan ini, jurusan tambang, bukan tempat mahasiwa manja, bukan tempat mahasiswa cengeng, yang berani bicara di bawah ketiak orang tuanya. Kami tau kewajiban utama seorang mahasiswa adalah kuliah, dan belajar, tapi perlu diketahui belajar tidak hanya di dalam bangku kuliah dan di atas meja belajar. Jika bukan kita siapa lagi yang mau menjaga jiwasolidaritas di Jurusan Teknik Pertambangan Unsri ini.

Untuk kalian mahasiswa tambang yang masih semangat dan masih mau dibina oleh kami, terus semangat dan jangan patah arang, kami kakak-kakak kalian yang siap membela dan mendidik kalian dengan sepenuh hati, yang akan melindungi kalian sebagai adik kami dengan segenap jiwa dan raga kami. Kami percaya kalian bisa melewatiini, karena kami sudah terlebih dahulu melaluinya, semua ada fasenya, semuaa kan indah pada waktunya. Di sini kalian diajarkan prosesnya, kalian calon-calon pemimpin, harus terlebih dahulu siap untuk dipimpin. Kalian sebagai adik, berlakulah selayaknya sebagai adik. Melihat kalian yang penuh semangat, sama dengan melihat kader-kader penerus untuk Permata FT Unsri dan jurusan ini di hari esok dengan jiwa yang semangat pula.  Untuk kalian yang masih mau mengadu ke sana ke mari, sudahlah, lebih baik tidak usah ikut program pengkaderan saja, silahkan bertindak sesuka anda di Jurusan ini, silahkan aktif kuliah dan mengejar nilai setinggi-tingginya, semoga anda sukses, dan cepat tamat dengan IPK terbaik, karena memang semua itu pilihan,  dan tidak ada paksaan. Salam dari kami, kakak-kakak tambang kalian. Kami harap kalian dapat peduli sesama dan peduli dengan keadaan sekitar, tapi jika anda memilih “apatis” itu pilihan anda, dan kami hormati pilihan kalian.

Salam Tambang! Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Indralaya, 17 September 2014

Muhammad Ichsan

One thought on “Jadi anak tambang, harus kuat, jangan cengeng!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s