Becouse tomorrow is today


image

Hidup akan selalu berjalan, bergerak, dan trus dalam peregerakannya. Daun yang terlihat diam pun, kan tetap bergerak dalam pergerakannya yg kasat mata. Semua zat hidup, di alam ini akan bergerak, beradaptasi dalam dan dengan lingkungannya. Karena hidup ini dinamis. Sesuatu yang dinamis hanya akan terjaga keseimbangannya dengan pergerakan yang berkelanjutan. Bergerak pun ada dua kemungkinan, bergerak naik atau pun bergerak turun. Bergerak baik, atau bergerak buruk. Kita yang bernyawa, kita yang berakal tentu harus lah memiliki visi positif akan hidup. Visi kebaikan dan kebermanfaatn untuk orang-orang di sekitar kita. Seperti kata Buya Hamka,  “Kalo hidup hanya sekedar hidup, babi di hutan juga hidup. Kalo bekerja ya sekedar bekerja, minyet di hutan pun juga bekerja”.

Kalimat yang diutarakan Buya Hamka di atas tentunya bukan hanya pameo tanpa isi, itu merupakan sentilan, sindiran, bahkan tamparan bagi manusia yang hanya hidup dengan sekedarnya, bagi manusia yang hanya berpangku dengan nasib, bagi mahasiswa yang belajar hanya sekedar belajar, apa lagi sampai bolos dan tidak masuk kuliah, bagi pemuda yang hanya mampu berfoya tanpa usaha dan tidak melaksanakan kewajibanya. Anda manusia? Atau hanya fisik dan jasad anda yg berwujud munusia? “Karena manusia baru dapat dikatakan sebagai manusia jika ia telah memanusiakan munusia.” (Sam Ratulangi), jadi sejatinya manusia yang mengambil hak orang lain seperti koruptor, perampok, pencuri, pengkhianat, penzalim, dsb.. mereka bukan lah manusia yang sebenanrnya, dan merekalah yang merendahkan nilai-nilai manusia dalam diri mereka, bahkan hingga lupa akan jiwa kemanusiaan mereka, dan yang ada hanya jiwa “kebinatangan”.

Ini tentunya bukanlah nasihat untuk siapa-siapa, nasihat untuk anda para pembaca? Tentu, tapi yang paling dinasihati di sini adalah diri saya sendiri. Kita manusia, sudah seharusnya memberikan diri terbaik untuk lingkungan dan kehidupan sekitar, semampu kita. Soal hasil, itu nomor dua, tapi yang utama adalah usaha terbaik kita. Kebobrokan yang terjadi hari ini, itu adalah hasil perbuatan, pemikiran, dan pendidikan dua puluh tahun yang lalu. Dan bagaimana wajah negri ini dua puluh tahun yang akan datang, adalah cerminan dari perbuatan, pemikiran, dan pendidikan yang ditanamkan pada pemuda generasi saat ini. Kita para pemuda, mari berikan yg terbaik. Karena nilai, itu memang penting, tapi ingat menjadi manusia terdidik itu, lebih penting!

Becouse today is yesterday, and tomorrow is today”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s