Pelatihan K3L di PT. Bukit Asam

SALAM RIMBA!!!

Mahasiswa Pencinta Alam (mapala) Cikara Bhuana Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya merupakan  mapala yang berbasiskan kepada pendidikan, artinya kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan dan dilakukan oleh mapala Cikara Bhuana tidak hanya kegiatan yang berbasis kemapalaan seperti naik gunung, susur goa, panjat tebing, arus deras, dsb, tetapi juga menonjolkan kegiatan-kegiatan yang menunjang pengetahuan akademik di Jurusan Teknik Pertambangan seperti Studi Geologi Lapangan, Mapping, Pelatihan Software Pertambangan, dan Pelatihan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L). Setiap kegiatan itu telah disusun dan dirancang menjadi program tahunan  yang dilaksanakan bergilir setiap tahunnya.

Baru-baru ini, mapala Cikara Bhuana baru saja melaksanakan kegiatan Pelatihan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L). Kegiatan K3L ini merupakan kegitan K3L yang kedua yang diselenggarakan oleh mapala Cikara Bhuana, yang mana sebelumnya kegiatan ini diselenggarakan pada tahun 2009 dengan judul Pelatihan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) yang bertempat di tiga perusahaan yaitu Pertamina E.P Prabumulih, PT. Bukit Asam (Persero),Tbk, dan di PT. Semen Baturaja. Belajar dari pelatihan K3 pertama yang diselenggarakan tiga tahun silam, maka mapala Cikara Bhuana berusaha untuk mengemas kegiatan Pelatihan K3L kali ini dengan sedini dan dan sematang mungkin, karena mapala kami menyadari untuk merancang dan mengadakan suatu kegiatan yang berkesan dan dapat memberikan kepuasan kepada pesertanya, diperlukan persiapan dan kordinasi yang baik serta fokus acara yang terkonsep jelas. Maka dari itu, untuk pelatihan K3L kali ini, mapala Cikara Bhuan melaksanakan pelatihan K3L di satu perusaahaan saja, yaitu PT. Bukit Asam (Persero), Tbk., dengan maksud supaya kegiatan ini dapat terkonsep secara totalitas.

Pelatihan K3L ini berlangsung dari tanggal 29 sd 30 Mei 2012. Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta dan 25 orang panitia. Dari 40 orang peserta yang  terdaftar, ternyata pada hari keberangkatan ada dua orang peserta yang tidak jadi berangkat karena urusan tertentu. Kegiatan Pelatihan K3L di PT.Bukit Asam berlangsung selama 2 hari. Di awali dengan upacara pelepasan di Seretarian Mapala Cikara Bhuana Teknik Pertambangan Unsri, yang disecara resmi dibuka dan di lepas oleh ketua Umum mapala Cikara Bhuana yaitu Sdr. Hariz Subhan. Para peserta dan panitia berangkat pada pukul  15.00 dan tiba di PT. BA pada pukul 20.00. Sesaampainya di sana, para peserta langsung menuju mess masing-masing, lalu di lanjutkan dengan jamuan makan malam dar PT. BA.  Hari pertama kegiatan diawali dengan acara Pembukaan di Gedung Serbaguna PT.Bukit Asam oleh General Manager Unit Pertambangan Tanjung Enim, Bapak Wibisono kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dan kuis oleh Tim Instruktur dari PT.BA. Selama pemaparan materi dan simulasi terlihat begitu antusiasnya para peserta dalam mengikuti kegiatan pelatihan K3L ini. Hingga akhirnya sore menjelang, pemaparan materi di tutup dengan simulasi tanggap darurat dan RJP (Resuitasi Jantung Paru) hingga pukul 17.00 WIB.

Keesokkan harinya kegiatan ini diawali dengan berkunjung ke site PT.Bukit Asam diantaranya Kolan Pengendapan Lumpur (KPL) , Train Loading Station (TLS), dan Anjungan, dan Pembibitan. Dikarenakan hujan kunjungan dihentikan dan dilanjutkan dengan dengan pemaparan materi serta game K3 yang telah disiapkan oleh panitia bersama direksi PT.BA. Kegiatan siang itu ditutup dengan olahraga renang.

Pada malam harinya kegiatan dilanjutkan dengan makan malam dan acara hiburan band dari PT.BA dan sekaligus penutupan serangkaian kegiatan Pelatihan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) di PT.Bukit Asam (Persero), Tbk yang dilanjutkan dengan perjalanan pulang.

Selama kegiatan ini berlangsung, tentunya banyak manfaat yang didapatkan oleh para peserta maupun panitia. Yang jelas, apa pun itu kegiatan Pelatihan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) mapala Bikara Bhuana ini diharapkan tentunya dapat menjadi salah satu kegiatan yang bergengsi dan ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa unsri khususnya dan masyarakat umum tentunya. Melalui kegiatan ini tentunya dapat menjalin keakraban antara kita semua dan menerapkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan, dan yang pastinya semoga mapala Cikara Bhuana terus dan semakin berjaya melalui kegiatan-kegiatan yang silih berganti tiap tahunya. Salam Rimba!!!

Sumber: http://www.cikarabhuana.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s