Permukaan Air Tanah (Water Table)

Ketika air merembes kebawah permukaan, gravitasi menariknya turun dua zona tanah dan batuan. Zona bagian atas (upper zone) adalah rongga pori didalam batuan yang hanya jenuh sebagian dan air berbentuk seperti lapisan tipis (thin film) yang melekat (clinging) pada butiran karena tarikan permukaan (surface tension). Pada zona ini rongga pori terisi sebagian oleh udara dan sebagian lain oleh air disebut sebagai zona aerasi (zone of aeration). Pada batas tertentu, semua bukaan akan terisi oleh air sehingga daerah ini disebut sebagai zona jenuh (zone of saturation). Permukaan air tanah merupakan bagian paling atas dari zona jenuh ini dan merupakan elemen penting pada sistem air tanah (gambar 2.)

 

Gambar 2. Permukaan air tanah adalah permukaan bagian atas dari zona jenuh air (Hamblin & Christiansen, 1995).

 

            Kajian permukaan air tanah walaupun tidak dapat diamati secara langsung, tetapi dapat dipetakan berdasarkan data yang dikumpulkan dari sumur, mata air dan permukaan pengairan. Pergerakannya dapat diteliti menggunakan isotop radioaktif, pewarna (dyes) dan unsur penjejak lainnya.

            Terdapat hubungan antara permukaan air tanah dan permukaan topografi. Permukaan air tanah berkecenderungan mengikuti permukan topografinya. Bila permukaan topografinya datar, maka permukaan air tanah juga akan datar. Bila permukaan topografinya bergelombang, maka permukaan air tanah juga akan bergelombang. Perched water table adalah air tanah (groundwater) yang terperangkap diatas permukaan air tanah karena keberadaan lapisan impermeabel seperti serpih pada zona aerasi 

2 thoughts on “Permukaan Air Tanah (Water Table)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s