Tips Memiliih Senter Untuk Pendakian

Tips memilih senter untuk pendakian berikut ini semoga bisa menambah pengetahuan Anda dan kita semua. Kita tahu bahwa senter adalah alat yang penting dalam kegiatan di alam terbuka saat dimana malam menjelang dan tidak ada lagi penerangan dari alam. Senter adalah alat penerangan yang praktis dan mudah di gunakan dan pilihannya banyak di pasaran. Tetapi kita harus pandai – pandai memilih senter yang tepat untuk kegiatan pendakian kita.

www.belantaraindonesia.org

Dan kriteria senter yang baik adalah:
– Awet dan tidak mudah rusak
– Tahan lama
– Tahan air
– Dan lain sebagainya

Awet di sini maksudnya adalah tidak mudah rusak, terutama lampunya. Senter adalah alat yang tidak di gunakan setiap saat, namun ketika di butuhkan ia harus siap. Kebayang kan kalau tiba – tiba di butuhkan senter malah lampunya tidak menyala, kita akan mebenahi pakai apa?

Ada beberapa jenis senter, yang intinya secara garis besar dapat di bagi dua. Yaitu senter yang mengunakan pirces ( bohlam, pijar tradisional ) sebagai lampunya dan satu lagi yang mengunakan LED. Senter bohlam  menghasilkan panas yang cukup besar yang dapat mengurangi umur pemakaian, biasanya ia memiliki ketahanan 1.000 sampai 2.000 jam, sedangkan LEDdapat berkisar dari 20.000 jam hingga 50.000 jam.

www.belantaraindonesia.org

Namun hal yang paling penting adalah, lampu led biasanya terdiri dari beberapa lampu sehingga bila ada satu lampu yang tidak bisa berfungsi, senternya masih bisa menyala. Di banding denganbohlam yang lebih rawan terhadap guncangan.

Tahan lama disini sebenarnya telah di bahas pada sebelumnya, namun sisi lain adalah tahan lama dari konsumsi dayanya. Semakin rendah konsumsi daya, maka senter akan lebih tahan lama dalam menghasilkan sinar. Senter LED dapat bertahan sampai 10 kali lebih lama pada satu set baterai dari senter pijar tradisional. kelamahan bohlam adalah pada saat tenaga mulai habis, sinar akan melemah berbeda dengan lampu senter led

Tahan air disini adalah suatu fitur tambahan, dimana kita tahu bahwa senter mengunakan aliran listrik dimana listrik akan rentan terhadap air. Bisa kita membeli senter yang memang di lapisi oleh karet sehingga tahan air, atau memang kita mewaspadainya dengan membungkus senter tersebut.

www.belantaraindonesia.org

Pertimbangan lainya adalah biaya tentunya, semakin baik senter semakin mahal pula senter tersebut. kemudian pertimbangkan juga untuk membawa senter yang seperti apa, apakah yang besar dengan mencangkup untuk banyak orang atau memang membutuhkan yang kecil sebagai kebutuhan personal.

Yang jelas, setiap orang wajib membawa satu sebagai kebutuhan kalau kalau di perlukansurvival. Terakhir, perlu juga membawa senter atau bohlam cadangan kalau terjadi disfungsi senter. Semoga ini bisa membantu Anda dalam memilih senter untuk pendakiansrc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s